Apakah Micin Bisa Memutihkan Wajah? Begini Jawaban Dokter…

thesilent1.com – Belakangan, di media sosial banyak orang membagikan video pengalaman seseorang menggunakan masker micin atau MSG untuk memutihkan kulit wajah.

Seperti diketahui, vetsin atau jamak dikenal dengan istilah micin adalah salah satu bumbu penyedap dengan bahan utama berupa mono-sodium glutamat (MSG).

Lantas, benarkah micin bisa memutihkan wajah seperti yang digambarkan di video yang ramai ditonton di media sosial? Simak penjelasan dokter berikut ini…

Apakah micin bisa memutihkan wajah?

Dokter Spesialis Kulit Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV menyebutkan MSG atau micin bisa memutihkan wajah adalah mitos. Hingga kini belum ada penelitian valid untuk mendukung gagasan tersebut.

“Sebenarnya segala sesuatu itu ada peruntukannya. Tentu ada zat yang bisa tumpang tindih. Contohnya lidah buaya, bisa dimakan dan bisa buat skincare, tapi itu kan ada ekstraknya. So, MSG dibuat dengan komponen seperti itu gunanya untuk memasak,” jelas dia, dilansir dari Antara, Kamis (1/12/2022).

Menurut dokter yang akrab disapa Rani ini, micin yang digunakan di wajah sebagai masker secara teori tidak bisa menembus ke kulit. Pasalnya, molekul micin relatif besar, sehingga sulit meresap sampai ke bagian dalam kulit.

Selain itu, Rani juga menyebutkan ada potensi iritasi apabila micin dipakai untuk masker memutihkan wajah.

“(Micin) tidak diformulasikan untuk kulit. Kalau pun ada zat aktif, itu tidak bisa menembus kulit karena molekulnya besar. Apabila micin dosis tinggi dibalurkan ke wajah, kulit bisa jadi iritasi, meradang, memerah, dan bekasnya jadi hitam,” beber dia.

Rani menyampaikan, publik sebaiknya berhati-hati sebelum sembarangan menjajal tren skincare alternatif yang viral di media sosial.

Ia menyarankan agar publik mempercayai tips dari ahli atau konten dari sumber yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

Demikian penjelasan dokter terkait apakah micin bisa memutihkan wajah. Hindari sembarangan coba-coba menggunakan masker untuk wajah, termasuk yang menggunakan embel-embel alami.