Apakah Ada Obat untuk Herpes Genital?

thesilent1.com – Herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menyebar dengan cepat, bahkan bisa ditularkan ketika penderita tidak mengalami gejala apapun.

Gejala herpes genital bisa tidak muncul sama sekali, namun juga bisa muncul bertahun-tahun setelah tertular.

Lalu pertanyaannya, apakah ada obat untuk herpes genital ?

Obat untuk herpes genital

Dilansir dari CDC, herpes genital adalah salah satu penyakit menular seksual yang tidak bisa disembuhkan secara total.

Gejala herpes genital tidak akan dialami oleh beberapa penderita, namun beberapa penderita yang lain akan mengalami munculnya luka yang terasa sakit dan parah.

Penularan akan semakin cepat ketika tangan yang digunakan untuk menyentuh luka tidak segera dibersihkan dan digunakan untuk menyentuh bagian tubuh lainnya, termasuk mata.

Menurut NHS, gejala herpes genital yang muncul bisa hilang dengan sendirinya tetapi tetap bisa muncul lagi.

Meskipun herpes genital tidak bisa disembuhkan secara total, terdapat beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang muncul.

Dilansir dari NHS, ada dua jenis obat herpes genital yang akan diberikan untuk penderita, seperti:

  • Obat antivirus yang akan meringankan gejala herpes genital dan perlu dikonsumsi setidaknya 5 hari setelah gejala pertama muncul
  • Obat oles atau krim yang perlu diaplikasikan langsung pada kulit yang terinfeksi, seperti acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir

Menurut Mayo Clinic, dosis obat herpes yang diberikan akan tergantung pada gejala yang muncul pada penderita, jenis virus herpes yang menyerang, aktivitas seksual, dan faktor medis lainnya.

Gejala herpes genital bisa muncul lebih dari sekali, namun intensitasnya akan lebih ringan jika dibandingkan dengan gejala yang muncul pertama kali.

Bahkan, beberapa penderita akan mengalami gejala lebih dari 6 kali dalam setahun sehingga perlu mengonsumsi obat antivirus selama 6 hingga 12 bulan.

Ketika gejala yang muncul tidak kunjung hilang dalam rentang waktu tersebut, penderita disarankan untuk segera berobat kembali ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Obat untuk herpes genital tersebut memang tidak akan menyembuhkan penyakit ini sepenuhnya, tetapi akan sangat membantu untuk meringankan gejala yang muncul serta mengurangi risiko penularan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.