8 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-Oleh di Pekanbaru

thesilent1.com – Belanja oleh-oleh sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat datang ke suatu tempat. Oleh-oleh sebagai bukti seseorang pernah berkunjung ke tempat tersebut. Untuk kamu yang lagi ada di Pekanbaru, jangan lupa mampir ke tempat oleh-oleh yang ada di sana.

Ya, Pekanbaru sering menjadi tempat tujuan wisata masyarakat Indonesia. Tentunya karena wilayah tersebut memiliki tempat wisata yang indah dan mempesona. Sehingga tidak heran setiap tahunnya ada peningkatan jumlah kedatangan wisatawan.

Lalu, mana saja tempat oleh-oleh yang wajib kamu tahu saat berada di Pekanbaru? Yuk, simak infonya berikut ini. Baca sampai bawah ya!

1. Batik Riau Malai

* sumber: kulinerkota.com

    Alamat : Pemancar TVRI Riau, Jl. Durian no. 21a Simpang Empat, Kelurahan, Labuh Baru Tim., Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28292

    Jam Buka : 08.00 – 22.00 WIB

    Kisaran Harga : Rp10.000 – Rp800.000

    Telepon : +6282169530707

Jika kamu dan keluarga merupakan penggemar batik, jangan lupa mampir ke Batik Riau Malai. Di tempat ini kamu dapat menemukan berbagai motif batik wilayah Pekanbaru. Proses pembuatannya menggunakan lilin sebagai perintang warna.

Sejak tanggal 02 Oktober 2009, batik Indonesia telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi. Sebab itu, setiap tanggal 02 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Setiap daerah memiliki ciri khas batiknya masing-masing, termasuk Batik Riau. Tempat oleh-oleh Batik Riau Malai membuat batik tentang sejarah kepahlawanan orang Melayu. Bukan sekadar batik biasa, tetapi batik yang bercerita. Harganya cukup terjangkau untuk semua orang.

2. Silungkang Art Centre

Silungkang Art Centre adalah tempat belanja oleh-oleh terbaik di Pekanbaru. Leteknya strategis di pinggir Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan salah satu jalan utama kota tersebut. Berbagai jenis makanan dan souvenir tersedia di sini.

Tempat oleh-oleh satu ini sudah berdiri sejak tahun 1993. Meski termasuk toko lama, tetapi mampu bersaing dengan bisnis yang serupa di Pekanbaru. Bangunannya luas sehingga pengunjung bisa bebas memilih belanjaan. Di tempat ini kamu bisa menemukan kani songket khas Pekanbaru.

Tidak hanya menjual makanan dan souvenir. Silungkang Art Centre juga menyediakan berbagai macam pakaian khas Pekanbaru dan Sumatera Barat, seperti baju kurung dan batik Riau. Untuk makanannya ada bolu kemojo, keripik nenas, keripik nangka, kacang pukul, kue bangkit, lempuk durian, rendang telur, dan sanjai. Soal harga tentunya sangat terjangkau dan tidak menguras kantong.

3. Pasar Bawah Pekanbaru

* sumber: brisik.id

    Alamat : Kp. Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28155

    Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB

    Kisaran Harga : Rp28.000 – Rp50.000

    Telepon : +6282287066661

Jika berkunjung ke kota Pekanbaru kurang lengkap kalau belum mampir ke Pasar Wisata atau Pasar Bawah Pekanbaru. Tempat ini merupakan surganya berbelanja oleh-oleh. Terletak di Kecamatan Senapelan, pasar satu ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Bangunannya cukup megah terdiri dari tiga lantai. Untuk lantai pertama menyediakan berbagai macam sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga. Lalu, lantai kedua tersedia aneka aksesori, seperti dompet, keramik, dan perlengkapan seserahan upacara pernikahan.

Masih di area yang sama, ada beberapa toko yang menjual kain tenun melayu. Motifnya beraneka ragam, yaitu Pucuk Rebung dan Sikung Keluang. Lanjut ke lantai tiga, tersedia berbagai macam toko tas, sepatu, dan perlengkapan anak sekolah.

4. Insyira Oleh-Oleh Pekanbaru

* sumber: kulinerkota.com

    Alamat : Jalan arifin, kecamatan marpoyan damai, kelurahan sidomulyo timur, Sidomulyo Tim., Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28125

    Jam Buka : 08.00 – 22.00 WIB

    Kisaran Harga : Rp10.000 – Rp70.000

    Telepon : +6281251174138

Insyira Oleh-Oleh Pekanbaru terletak cukup strategis dekat Jalan Soekarno-Hatta. Berbagai macam makanan khas Pekanbaru bisa kamu temui di tempat ini. Hampir setiap hari ramai pengunjung yang datang, baik wisatawan luar daerah maupun turis mancanegara.

Tempat oleh-oleh satu ini terkenal dengan olahan buah durian, salah satunya pancake durian. Tidak heran Insyira Oleh-Oleh Pekanbaru sudah memiliki banyak pelanggan setia. Lokasinya berada di pinggir Jalan Arifin sehingga mudah dijangkau semua orang.

Makanan yang tersedia buat oleh-oleh, yaitu Talam Durian, Ketan Durian Lumer, Bolu Mandeh Pandan, Bolu Pisang, Bolu Lapis Nanas, Bolu Tape, Soes Durian, Pancake Durian, Banana Strudel, dan Kue Lapis Talas Taro. Kamu dan keluarga juga bisa menikmati es jelly kelapa dan asinan khas Pekanbaru.

5. Mega Rasa Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

    Alamat : Jl. Jendral Sudirman No. 397 C-D, Cinta Raja, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau 28125

    Jam Buka : 07.15 – 22.00 WIB

    Kisaran Harga : Rp10.000 – Rp55.000

    Telepon : +6281261146375

Jika kamu pencinta makanan olahan durian, Mega Rasa Oleh-Oleh khas Pekanbaru pilihan yang tepat. Tempatnya cukup luas terdiri dari dua lantai. Lantai pertama menyediakan aneka makanan khas Pekanbaru. Kemudian lantai duanya tempat studio foto.