5 Tanda Perlu Membuka Cabang Usaha

thesilent1.com – Membuka cabang usaha merupakan suatu langkah yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Modal saja tidak cukup, dibutuhkan persiapan menghadapi risiko bisnis, untung rugi, dan berbagai hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Di sisi lain, memang banyak keuntungan yang bisa didapat dengan membuka cabang, misalnya meningkatkan penjualan, menjangkau pelanggan yang lebih jauh, hingga menaikkan citra brand.

Lantas, apa saja tanda-tanda usaha kita siap membuka cabang baru? Berikut ini 5 tandanya, seperti dilansir dari beberapa sumber.

1. Pelanggan Meningkat Pesat di Outlet Pusat

Ketika outlet pusat usaha Anda mengalami peningkatan jumlah konsumen dan seringkali ditanyakan perihal cabang di daerah lain, mungkin itulah saatnya untuk mempertimbangkan pembukaan cabang.

Jika modal mencukupi dan aspek-aspek lain memenuhi, mulailah merancang pembukaan cabang usaha baru.

Demand besar dan kondisi outlet utama perlu disesuaikan dan salah satu caranya memang dengan membuka cabang lain untuk memenuhi permintaan tersebut.

2. Modal Cukup untuk Pembukaan Cabang Baru

Modal adalah salah satu hal terpenting yang perlu dipersiapkan. Membuka cabang artinya Anda harus mempersiapkan outlet baru dari nol.

Biaya yang dikeluarkan pasti terhitung besar, mulai dari biaya operasional, biaya tempat, peralatan, merekrut pekerja, dan lainnya.

Modal yang dipersiapkan perlu dihitung sematang-matangnya sebelum melangkah lebih jauh.

3. Sudah Menemukan Lokasi yang Tepat

Lokasi baru bukan sekadar mencari alamat baru. Anda perlu menentukan lokasi baru tersebut dengan pertimbangan yang baik, seperti demografi lokasinya, bagaimana target pasar menjangkau lokasi, keramaian dan mobilitas di sekitar lokasi, serta kemudahan aksesnya. Hal-hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesuksesan outlet baru nantinya.

4. Karyawan di Tempat Baru Sudah Siap

Membuka cabang tidak hanya soal membuka tempat di lokasi baru dengan peralatan dan isinya. Anda memerlukan pekerja baru untuk mengoperasikan usaha tersebut.

Persiapkan pekerja yang kompeten dan dapat dipercaya untuk menjalankan outlet baru. Setelah melakukan perekrutan, Anda bisa melakukan pelatihan lengkap dan menanamkan standar operasional prosedur (SOP) agar para pekerja siap melayani konsumen.

5. Engagement dengan Pelanggan untuk Perluasan Informasi

Saat membuka cabang baru, tentu hal tersebut harus diinformasikan kepada pelanggan setia dan calon pelanggan baru.

Anda perlu memastikan platform pemasaran sudah memiliki tingkat engagement yang cukup, agar informasi seputar cabang baru benar-benar tersampaikan.

Dengan begitu, awareness yang tinggi dapat membuat konsumen datang dan mau berbelanja atau membeli produk di cabang baru.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.