5 Pemandian Air Panas di Bogor yang Cocok untuk Relaksasi

thesilent1.com – Agaknya pantas kalau Bogor dijuluki dengan kota sejuta destinasi wisata. Sebab di kota hujan ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang terus bermunculan sepanjang waktu. Wisata alam dan wisata modern berlomba untuk menggaet pengunjung agar tertarik datang ke tempat wisatanya.

Walaupun banyak tempat wisata baru yang seru, wisata alam berupa pemandian air panas tak kalah menarik. Tempat wisata yang menyuguhkan kolam berendam dengan air hangatnya yang mengandung mineral alam ini tetap diburu oleh para pengunjung. Inilah daftar pemandian air panas Bogor yang tak kalah hits dibanding wisata lainnya.

1. Pemandian Air Panas Kawah Ratu

* sumber: www.yukpiknik.com

Pemandian air panas Kawah Ratu berada di kawasan Gunung Salak. Lokasinya berada di titik 1.338 mdpl. Lokasi pemandian yang tinggi seakan membuat pengunjung harus berjuang untuk mencapai pemandian ini.

Medan menuju pemandian Kawah Ratu sedikit ekstrem. Cocok buat kamu yang senang dengan petualangan dan tantangan. Area Gunung salak merupakan tempat yang mempunyai aktivitas geologi yang cukup banyak.

Hal ini disebabkan oleh kerena adanya kepundan yang tak henti mengeluarkan gas asam sulfat setiap saat. Jika kamu berencana untuk datang ke pemandian ini sebaiknya perhatikan kondisi fisikmu. Sebab butuh fisik yang prima untuk meniti jalan ke pemandian air panas

Jarak dari kawah ke lokasi pemandian air panas cukup jauh. Perjalanan ke lokasi tersebut memakan waktu lama. Tanda bahwa kamu telah sampai di pemandian Kawah Ratu adalah jika kamu sudah menemukan aliran air jernih yang membelah kawah.

Lokasi tersebut lah yang dijadikan sebagai pemandian air panas. Di sekeliling sungai dikelilingi oleh belerang yang menurut catatan ilmiah berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Informasi mengenai khasiat belerang tersebut sudah menjadi rahasia umum. Oleh karenanya banyak sekali pengunjung yang membawa pulang belerang-belerang tersebut

    Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

    Jam buka: 08.00-17.00 WIB

    HTM: Rp5.000

2. Pemandian Tirta Sanita

* sumber: jejakpiknik.com

Orang-orang mengenal pemandian ini dengan nama Tirta Sanita Hot Spring andn Outbond. Tempat wisata ini memadukan pemandian air panas dengan area wahana pemainan. Tempat ini merupakan pilihan yang cocok untuk mengajak keluargamu berlibur.

Pemandian air panas Tirta Sanita memfasilitasi tempat wisatanya dengan berbagai fasilitas menarik lainnya, seperti aneka permainan untuk anak-anak, penginapan dan arena permainan yang menantang.

Kolam berendam di pemandian air panas Tirta Sanita terdiri dari beberapa kolam yang dibedakan berdasarkan jumlah pengunjun. Ada kolam umum dan kolam pribadi yang hanya memuat satu atau dua orang saja di dalamnya.

Keunggulan dari air panas di kolam ini adalah kandungan kapur dan belerang yang ikut larut di dalamnya. Kandungan kapur tersebut berasal dari bukit kapur yang ada di sekitar lokasi pemandian.

Belum cukup dengan nikmatnya berendam di kolam air panas? Tenang. Pengelola membuat spot khusus untuk berfoto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen liburan bersama keluarga dan orang terdekatmu.

Fasilitas lain sebagai penunjang dibangun oleh pengelola sebagai atraksi lain yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini, misalnya saja bom-bom car, high rope, bola air, paint ball, fancy trans, terapi ikan, gedung serba guna dan lain-lain.

    Alamat: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor.

    Jam buka: 07.00-20.00 WIB

    HTM: Rp5.000-Rp50.000

3. Pemandian Air Panas Ciparay

* sumber: bluepackerid.com

Pemandian air panas Ciparay menyuguhkan nuansa pemandian air panas alami yang cukup kental. Di sini air panas yang mengalir dari sumber mata air lewat bambu-bambu yang dipasang di kolam berendam.

Pemandian air panas ini berada di kawasan Gunung Halimun Salak Endah. Kompleks pemandian air panas ditata dengan rapi. Suasana pedesaan cukup kental terasa di lokasi ini. Kondisi jalan menuju lokasi pemandian sudah cukup bagus.

Berhati-hati saat berjalan di jalan ini sebab jalanan di sini berbelok-belok dan cukup curam. Ada anak tangga yang harus kamu titi untuk sampai di pancuran air panas. Walaupun cukup melelahkan namun, semuanya akan hilang dengan hangatnya air panas pegunungan.

Lokasi pancuran air panas Cipara berada di sebelah kiri aliran sungai Ciliwung. Air sungai berair jernih dan dingin yang mengalir di antara batu-batu vulkanik besar terasa ketika air menyentuh kulit.

Kolam berendam pemandian air panas memang tidak banyak. Hanya terdapat dua kolam pemandian. Oleh sebab itu ketika pengunjung sedang ramai kita harus mennggu giliran untuk masuk ke kolam.

Namun, jika kamu mengingikan kamar privat untuk berendam, kamu dapat menghubungi pengelola untuk menyediakan kamar berendam untukmu.

    Alamat: Kampung Ciparai Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijah Kabupaten Bogor

    Jam buka: 24 jam

    HTM: saung terbuka Rp30.000 saung tertutup Rp50.000 sewa kolam Rp3.000

4. Air Panas Gunung Pancar

* sumber: www.jalanjalanenak.com