4 Cara Mengatasi Anemia pada Gagal Ginjal Kronis

thesilent1.com – Anemia adalah salah satu kondisi yang banyak dialami oleh penderita gagal ginjal kronis , khususnya jika sudah parah.

Anemia pada gagal ginjal kronis disebabkan oleh berkurangnya kemampuan ginjal untuk memproduksi hormon eritropoietin (EPO) yang berfungsi untuk membuat sel darah merah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi anemia pada gagal ginjal kronis ? Berikut penjelasannya.

Cara mengatasi anemia pada gagal ginjal kronis

Disarikan dari Healthline dan National Institute of Diabetes dan Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), berikut adalah beberapa cara mengatasi anemia pada gagal ginjal kronis .

  • Mengonsumsi zat besi atau vitamin

Kekurangan zat besi bisa menjadi penyebab anemia pada gagal ginjal kronis dan cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi suplemen zat besi untuk merangsang produksi sel darah merah.

Dokter akan memberikan suplemen zat besi berupa pil atau melalui cairan infus. Namun, jika penderita sedang menjalani cuci darah, suplemen zat besi akan diberikan selama proses cuci darah.

Kekurangan vitamin B12 dan folat juga akan menyebabkan anemia sehingga dokter akan meresepkan keduanya agar tubuh bisa memproduksi sel darah merah dengan lebih baik.

  • Melakukan terapi dengan erythropoiesis-stimulating agent (ESA)

Erythropoiesis-stimulating agent (ESA) atau Agen Stimulan Eritropoiesis adalah obat yang berguna untuk merangsang sumsum tulang belakang agar memproduksi lebih banyak sel darah merah.

Obat ini akan diberikan bersamaan dengan proses cuci darah. Namun, penderita gagal ginjal kronis juga bisa menyuntikkan obat ini sendiri jika tidak sedang menjalani proses cuci darah.

Penggunaan obat ini akan dibarengi dengan konsumsi suplemen zat besi agar bekerja secara efektif atau untuk mengurangi dosis ESA yang diberikan.

  • Melakukan transfusi darah

Anemia pada gagal ginjal kronis yang sudah parah akan diatasi dengan transfusi darah untuk menambah sel darah merah dengan cepat, meskipun hanya bersifat sementara.

Transfusi darah pada penderita gagal ginjal kronis juga akan memberikan efek samping tertentu terhadap tubuh, seperti merusak organ dan mengurangi kemungkinan untuk melakukan transplantasi ginjal, sehingga dokter akan menghindarinya.

  • Melakukan pola hidup sehat

Melakukan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi sangat disarankan untuk mengatasi anemia pada gagal ginjal kronis.

Menambah konsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan folat, serta menghindari untuk mengonsumsi terlalu banyak protein bisa mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh.

Namun, perubahan pola makan dan jenis olahraga yang dilakukan perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar tidak memperparah kondisi yang dialami.

Beberapa cara mengatasi anemia pada gagal ginjal kronis tersebut akan diberikan setelah dokter menemukan penyebab anemia itu sendiri.

Hindari untuk melakukan diagnosis pribadi dan mengonsumsi obat tertentu tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.