22 Mei 2010: Kisah 10 Ribu Bitcoin untuk Dua Loyang Pizza

thesilent1.com – — Bagi komunitas kripto, tanggal 22 Mei memiliki arti yang istimewa. Pasalnya tepat 12 tahun lalu, atau 22 Mei 2010, seorang pria asal Florida bernama Laszlo Hanyecz membeli dua pizza besar seharga 10.000 Bitcoin. Saat itu bitcoin masih berusia satu tahun.

Ini merupakan peristiwa pertama kali seseorang membeli barang fisik menggunakan bitcoin. Moment ini lantas diabadikan oleh komunitas kripto sebagai Pizza Day dan dirayakan setiap tahun.

Hanyecz adalah seorang miner dan pengguna bitcoin serta komunitas perdana kripto.

Sebelum bitcoin pertama dibelah dua (halving) pada tahun 2012, setiap miner yang berhasil diberi hadiah 50 BTC karena menemukan blok baru. Ini berarti seseorang hanya perlu menambang 200 blok untuk mendapatkan 10.000 BTC. Dibandingkan sekarang, jumlah itu lebih mudah diraih karena tidak banyak orang yang menambangnya.

Pada 18 Mei, lewat forum Bitcointalk.org, Hanyecz mengumumkan bahwa dia ingin membeli pizza menggunakan bitcoin. Dia menawarkan 10.000 BTC kepada siapa saja yang mau memesan dan membawanya kepadanya.

Jelajahi Artikel Lain:

Bitcoin Senilai $1,2 Miliar Dilikuidasi Selama Crypto Crash

Dominasi Bitcoin Menguat 4% Sepekan Terakhir, Apa Tandanya?

Musim Jual Bitcoin Belum Reda, Bearish Masih Mengintai

Pada 21 Mei, dia masih belum berhasil menemukan siapa pun yang bisa menyelesaikan transaksi pizza bitcoin-nya. Kemudian, keesokan harinya seseorang menerima tawaran itu.

“Saya melaporkan bahwa saya berhasil menukar 10.000 bitcoin untuk pizza.” Pizza tersebut dibuat oleh Papa John’s, tetapi Hanyecz membelinya dari seorang anak berusia 19 tahun bernama Jeremy Sturdivant (nama pengguna “jercos”).

Jika Hanyecz menjual seluruh simpanan bitcoinnya dengan nilai tertinggi sepanjang masa sebesar $68.990, dia bisa menghasilkan sekitar $690 juta. Jumlah itu cukup untuk membeli 46 juta pizza Papa John besar seharga $15 per potong.

Mengingat peristiwa bersejarah ini, komunitas kripto global berkumpul setiap tahun pada tanggal 22 Mei untuk merayakan transaksi bitcoin fisik pertama. Hanyecz dikenal sebagai orang pertama yang menggunakan bitcoin dalam transaksi komersial.