11 Minuman Khas Kalimantan Selatan yang Lezat dan Sehat

thesilent1.com – Provinsi Kalimantan Selatan memiliki ibu kota yang berjuluk “Kota Seribu Sungai”, yaitu Kota Banjarmasin. Banjarmasin merupakan “etalase” Bumi Banjar, yakni tanah bertuah yang dipunyai masyarakat suku Banjar yang berada di selatan Pulau Kalimantan.

Kalimantan Selatan secara umum menyimpan segudang eksotisme, baik dari sisi budaya, kekayaan alam, ataupun geografisnya. Ibu kota provinsi ini posisinya 60cm di bawah permukaan laut. Selain keunikan ibu kotanya, Kalimantan Selatan juga memiliki beragam kuliner yang khas, salah satunya adalah minuman Kalimantan Selatan. Apa saja minuman khasnya? Baca terus di artikel berikut ini.

1. Es Teler

Minuman yang satu bisa dengan mudah ditemukan di beragam daerah di Indonesia. Salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai es teler enak yaitu Kota Banjar. Dalam satu mangkuk es teler ini terdapat beraneka buah mulai dari alpukat, durian, nangka, melon, nanas, kelapa dan lain-lainnya.

Tak hanya beragam jenis buah, di dalam es teler juga ditemukan tambahan lainnya, yaitu rumput laut, kolang-kaling, es serut, mutiara, susu kental manis, serta sirup. Soal rasa, jangan ditanya lagi. Pastinya minuman Kalimantan Selatan ini rasanya menyegarkan apalagi jika diminum di siang hari yang panas.

Untuk membeli es teler Banjar ini mudah sekali. Hampir di semua kawasan yang terletak di kota Banjarmasin menjajakan es teler. Biasanya harga es teler ini ini dibandrol sekitar 15 ribu sampai 30 ribu bergantung tempat kamu membeli es teler tersebut.

Untuk kamu yang penasaran dengan rasa es teler Banjar ini langsung aja kulineran di Banjarmasin. Pastinya wisata kuliner kamu akan berkesan.

2. Es Jagung

Setelah berpetualang keliling-keliling Kota Banjarmasin, kamu pastinya akan merasa lelah dan kehausan, kan? Kamu dapat mengobati dahaga dan menyegarkan tubuhmu kembali dengan berbagai pilihan minuman segar.

Kalau ingin mencoba minuman Kalimantan Selatan yang khas, cobalah nikmati es jagung. Sajian ini wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Banjarmasin. Tak hanya Pontianak yang terkenal dengan es jagungnya, di Banjarmasin, minuman ini juga sangat terkenal.

Jadi, tak mengherankan jika kamu juga dapat menemukan minuman ini ini sebagai salah satu minuman khas Banjarmasin. Saat mencicipi kuliner khas dari Kalimantan Selatan, jangan lupakan es jagung ini.

Es Jagung dibuat dari jagung rebus yang lunak, renyah, dan manis. Jagung tersebut kemudian dicampur dengan es batu, gula, dan susu kental manis. Ternyata cara membuat es jagung ini tak sulit. Kalau kamu tidak terlalu suka makanan manis, bisa kamu minta gulanya dikurangi.

Tanpa gula sekalipun akan tetap manis karena sudah menggunakan susu kental manis. Es jagung yang enak dan manis juga segar ini bisa kamu temukan di berbagai warung ataupun depot es yang ada di Kota Banjarmasin.

3. Es Sari Kacang Hijau

Tak hanya dibuat menjadi bubur kacang hijau, bahan kacang hijau dengan sari-sarinya juga dapat diolah jadi minuman segar. Tak hanya itu, pengolahan es sari kacang hijau pun bisa dibilang cukup sederhana. Minuman es sari kacang hijau ini sudah semakin dikenal luas.

Kamu bisa dengan mudah menemukan gerai-gerai makan tepi jalan yang menjajakan minuman Kalimantan Selatan ini. Kesegaran es sari kacang hijau pastinya dapat menghilangkan rasa dahaga. Selain harganya yang tak mahal, es sari kacang hijau ini juga terrasa manis dan segar.

4. Es Buah Banjarmasin

Salah satu minuman favorit dari masyarakat Banjarmasin di Kalimantan Selatan adalah es buah. Tak mengherankan jika salah satu minuman Kalimantan Selatan ini banyak dijual oleh para pedagang jajanan tradisional tiap sorenya di jalan Brigjen H.Hasan Basri.

Harga seporsi es buah di daerah ini dibanderol mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 7.000 saja. Tak hanya menyegarkan, es ini terdiri dari campuran beraneka ragam buah-buahan, seperti nanas, pepaya, nangka, timun suri, dan kolang-kaling.

Selain itu, es ini kadang-kadang diberi juga tambahan nata de coco, agar-agar dan biji selasih supaya tampilan dan rasanya akan semakin menggoda. Biasanya agar terasa manis, es diberi tambahan gula atau sirup.

5. Es Nangka Selasih Banjar

Sesuai dengan namanya, es yang menggunakan buah nangka sebagai bahan utama dalam pembuatannya ini dan dilengkapi juga dengan biji selasih serta perasan jeruk asam. Nama “Banjar” pada es ini karena minuman ini merupakan sajian khas yang asalnya dari Banjar, Kalimantan Selatan.

Rasa esnya yang manis juga asam membuat salah satu minuman khas Kalimantan Selatan ini terasa menyegarkan terutama jika dinikmati saat udara panas. Selain biji selasih, es ini juga diberi nata de coco, gula serta es batu.

Es nangka selasih ini juga merupakan minuman yang gampang sekali ditemui karena banyak yang menjualnya di warung atau kedai makanan di wilayah Kalimantan Selatan. Harga minuman ini pun tak mahal alias ramah di kantong.

6. Es Lidah Buaya

Tak hanya es nangka selasih, minuman Kalimantan Selatan juga memiliki menu lainnya yang tak kalah menarik, yaitu es lidah buaya. Untuk urusan rasanya, minuman ini terbilang menarik. Selain itu, bahan untuk untuk membuatnya juga sangat gampang ditemukan.