10 Wisata Alam di Temanggung dengan Keindahan Memukau

thesilent1.com – Temanggung merupakan daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Tetapi Temanggung juga memiliki tempat wisata alam yang indah. Wisata alam yang dimilikinya juga cukup beragam. Wisata alam dengan keindahan gunung, hutan, air terjun, serta embung. Jika kamu berminat pergi ke Temanggung, berikut ini beberapa tempat wisata yang dapat kamu kunjungi.

1. Mijil Loka

Mijil Loka adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Pongangan, dan terbilang masih baru. Di tempat ini kamu akan disuguhi dengan keindahan pemandangan dari ketinggian. Tempat ini adalah spot yang bagus berswafoto untuk melihat matahari terbit dengan sinarnya yang keemasan.

Ada sebuah gardu pandang yang disediakan oleh pengelola agar kamu dapat melihat keindahan alam pegunungan yang menjulang tinggi. Alamnya yang masih asri akan membuat kamu senang berlama-lama di tempat ini, sekalipun tempat ini masih dalam tahap pengembangan.

    Alamat: Dusun Pongangan, Ds. Candisari, Kec. Bansari, Kab Temangggung, Jawa Tengah

    Jam buka: 08.00 – 17.00

    HTM: Rp5.000

2. Wisata Alam Posong

Lereng Gunung sindoro merupakan tempat dimana wisata alam Posong berada. Salah satu daya tarik dari daerah wisata ini adalah momen untuk melihat matahari terbit dengan sinar keemasannya. Keindahan dari matahari terbit ini dapat kamu lihat jika kamu datang lebih awal.

Mengapa kamu harus datang lebih awal untuk melihat matahari terbit, hal itu karena jarak yang harus kamu tempuh dari gerbang masuk sampai kelokasi sekitar 1 jam. Pengelola menyediakan gazebo yang dapat kamu gunakan saat kamu menikmati keindahan pemandangan alam disekitarnya.

    Alamat: Ds.Tlahab, Kec. Kledung, Kab Temangggung, Jawa Tengah

    Jam buka: 04.00 – 16.30

    HTM: Rp10.000

3. Hutan Rasamala

* sumber: wisata-kabtemanggung.blogspot.com

Udara yang sejuk adalah yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke tempat wisata hutan Rasamala. Selain udara sejuk, daya tarik dari Hutan Rasamala adalah adanya sebuah pohon walitus yang berukuran raksasa. Hutan Rasamala ini terdapat di lereng gunung kembar, Sindoro dan Sumbing.

Nama Rasmala disematkan pada hutan ini dikarenakan di hutan ini terdapat rumpun pepohonan Rasamala. Hal istimewa dari pohon Rasamala ini adalah pohon ini tidak bisa terbakar. Jika kamu tertarik melihatnya kamu harus mendaki dahulu hingga sekitar 1,5 km dari Pohon Walitis.

    Alamat : Ds.Jetis, Kec. Selopampang, Kab Temangggung, Jawa Tengah

    Jam buka: 04.00 – 18.00

    HTM: –

4. Pasar Tradisional Papringan Ngadiprono

* sumber: wiranurmansyah.com

Ingin merasakan berbelanja dengan suasana yang unik? Kamu harus mencoba berbelanja di Pasar Tradisional Papringan yang terletak di Dusun Ngadiprono. Sebuah pasar yang di gelar di bawah rimbunnya rumpun bambu, dengan suasana yang asri dan sejuk.

Jika kamu berbelanja di pasar ini kamu harus menggunakan alat tukar berupa uang keping bambu. Setiap bulannya pasar ini hanya digelar pada Minggu Wage dan Minggu Pon, dimulai dari pukul 06.00 sampai pukul 12 siang. Pasar ini ramai dikunjungi bahkan orang dari luar Temanggung.

Pengagas dari Pasar Papringan adalah Singgih Susilo Kartono. Singgih sendiri adalah Founder dan Director Spedagi, yakni sebuah komunitas yang bertujuan mengembalikan fungsi desa sebagai komunitas lestari dan mandiri. Pasar ini juga memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar.

    Alamat: Dusun Ngadiprono, Ds. Ngadimulyo Kec. Kedu, Kab Temangggung, Jawa Tengah

    Jam buka: 06.00 – 12.00

    HTM: –

5. Embung Tlogo Pucang

* sumber: yoviekasaputra.wordpress.com

Embung Tlogo Pucang adalah sebuah telaga buatan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung air hujan bagi warga yang sering mengalami kekeringan. Tetapi saat ini menjadi tempat yang dikenal masyarakat karena keelokan dari pemandangan alam disekitar embung.

Tempat ini menjadi tempat untuk berswafoto dengan latar pemandangan dari Gunung Prau, Gunung Sindoro, dan juga Gunung Sumbing. Embung yang letaknya diatas perbukitan akan memberikan hawa sejuk kepada para pengunjung. Embung ini menjadi tempat berburu pencinta matahari di saat senja.

    Alamat: Ds. Tlogopucang, Kec. Kandangan, Kab Temangggung, Jawa Tengah

    Jam buka: 06.00 – 18.00

    HTM: Rp5.000

6. Curug Titang

Curug Titang berada di Desa Nampirejo, tepatnya terletak dialiran Sungai Lungge. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan dibawah air terjun terdapat kolam cukup luas. Perjalan menuju curug ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki, letaknya tidak bisa terjangkau oleh kendaraan.

Curug Titang ini disekelilingnya masih ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun. Aliran sungai di curug ini biasanya digunakan untuk kegiatan rafting oleh para pencinta alam. Untuk melihat airnya yang jernih disarankan untuk datang pada saat musim panas.

    Alamat: Dusun Durenan Ds. Nampirejo, Kec. Temabarak, Kab Temangggung. Prov Jateng

    Jam buka: 24 jam

    HTM: Rp5.000

7. Embung Kledung

Danau buatan ini menawarkan pemandangan yang memukau dari Gunung Sindoro. Disaat cuaca cerah kamu akan melihat pantulan yang cantik dari Gunung Sindoro. Tempat yang berudara sejuk ini sesungguhnya merupakan sumber air bagi masyarakat di saat musim kemarau.