10 Tempat Wisata di Rembang dengan Pemandangan Memesona

thesilent1.com – Berpergian melewati jalur Pantura, ada banyak kota yang dilalui dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, Kabupaten Rembang. Kota yang terletak di sisi paling timur dari Provinsi Jawa Tengah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di Jawa Timur. Rembang menjadi pintu masuk Jawa Tengah dari arah Jawa Timur.

Rembang merupakan tempat dimana pahlawan yang menggerakkan emansipasi wanita, Raden Adjeng Kartini dimakamkan. Terletak di utara Pulau Jawa, Rembang menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Berikut ini 10 destinasi wisata di Rembang yang bisa kamu kunjungi ketika melewati jalur Pantura, khususnya dari arah Surabaya ke Semarang, ataupun sebaliknya.

1. Pantai Dampo Awang

* sumber: wisatarembangblog.wordpress.com

Terletak di jalur Pantura, tentu Rembang memiliki deretan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Pantai Dampo Awang. Destinasi yang sebelumnya dikenal dengan nama Taman Rekreasi Pantai Kartini, kini bernama Pantai Dampo Awang.

Pantai yang sudah dikenal sejak lama ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Rembang. Terdapat dermaga kayu yang menjorok ke laut dan bisa dijadikan sebagai tempat menikmati sunset maupun sunrise yang memesona.

    Alamat : Rembangan, Tasik Agung, Rembang, Kabupaten Rembang

    Operasional : 07.00 – 20.00 WIB

    Tiket Masuk : Rp5.000

    Kontak : 0812-2722-0806

2. Pantai Karang Jahe

* sumber: visitingrembang.wordpress.com

Selanjutnya ada Pantai Karang Jahe yang tak kalah tenar dari Pantai Dampo Awang. Pantai ini mudah diakses baik itu dari arah Semarang, ataupun dari arah Surabaya dan Tuban karena lokasinya tak jauh dari Jalan Raya Pantura atau Jalan Raya Tuban – Semarang.

Pantai Karang Jahe dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan setiap pengunjung. Kamu bisa menyewa perahu karet, menyewa perahu kayu untuk menikmati panorama tengah laut, menyewa ATV, mengajak anak naik odong-odong, atau sekadar santai dengan menyewa tikar di tepi pantai.

    Alamat : Jl. Pantai Karang, Jetakbelah, Punjulharjo, Rembang, Kabupaten Rembang

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Gratis

3. Jembatan Merah Hutan Mangrove

* sumber: www.tagar.id

Sama halnya dengan pantai di jalur Pantura lainnya, Rembang juga memiliki hutan mangrove yang dikenal dengan nama Jembatan Merah Hutan Mangrove. Namun, ada yang berbeda dengan yang satu ini. Hutan Mangrove di Rembang merupakan yang paling lebat di antara yang lainnya.

Hutan Mangrove ini mengoleksi sekitar 6 jenis mangrove dan terdapat beberapa fauna endemik seperti burung hantu, elang laut, burung blekok, hingga biawak. Jembatan Merah yang membentang dari pintu Hutan Mangrove menjadi keunikan tersendiri, pada ujung jembatan terdapat gazebo yang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

    Alamat : Sawah, Pasarbanggi, Rembang, Kabupaten Rembang

    Operasional : 06.00 – 17.30 WIB

    Tiket Masuk : Gratis

4. Pulau Gede

Tak hanya pantai, Rembang juga memiliki pulau kecil di Laut Jawa yang belum banyak diketahui wisatawan, Pulau Gede namanya. Pulau ini berjarak sekitar 5 km dari bibir pantai Rembang. Menuju ke sini, bisa menyewa perahu dengan biaya Rp250.000, atau bisa juga dengan menyewa alat camping, biayanya Rp450.000/grup.

Pulau Gede merupakan pulau tak berpenghuni yang dihiasi dengan pasir putih dan laut biru. Saat cuaca cerah, dari kejauhan kamu bisa melihat Gunung Muria, dan Gunung Lasem. Tempat ini menjadi salah satu pilihan menjauh dari keramaian kota sejenak ketika hari libur.

    Alamat : Peraian Laut Jawa, Tasikharjo, Kaliori, Kabupaten Rembang

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Gratis

5. Tiongkok Kecil Heritage

* sumber: indonesia.travlr.com

Tiongkok Kecil Heritage sejatinya adalah penginapan bernuansa Tiongkok yang sangat kental. Namun tempat ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata, dimana di dalamnya terdapat tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Ada Rumah Merah Heritage yang sudah ada sejak tahun 1800-an dan kini dijadikan sebagai penginapan, kemudian ada Museum Nyah Lasem, dan terakhir kamu bisa melihat pembuatan Yopia yang merupakan camilan asli Lasem. Kamu juga bisa membawa Yopia sebagai oleh-oleh. Jadi, lengkap sekali yang bisa dieksplor di sini.

    Alamat : Jl. Karangturi No.4/7, Mahbong, Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang

    Operasional : 08.00 – 22.00 WIB

    Tiket Masuk : Gratis

    Kontak : 0852-1149-4552

6. Museum Kartini

Tak hanya Jepara, Rembang juga memiliki Museum Raden Adjeng Kartini yang sebelumnya diberi nama Museum Kamar Pengabadian R.A Kartini. Di museum ini terdapat berbagai peninggalan R.A Kartini seperti kamar pengabadian yang dijadikan sebagai tempat untuk memperjuangkan emansipasi wanita, hingga tulisan tangan asli Kartini.

Jika kamu ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah perjuangan R.A Kartini, di museum ini sudah tersedia pramuwisata yang akan mendampingi dan menjelaskan lebih detail tentang peninggalan R.A Kartini dan sejarah-sejarahnya.

    Alamat : Jl. Gatot Subroto No.8, Kutoharjo, Rembang, Kabupaten Rembang

    Operasional : 08.00 – 15.00 WIB

    Tiket Masuk : Rp2.000

    Kontak : (0295) 691 911

7. Pantai Caruban