10 Tempat Wisata di Banyumas dengan Panorama yang Memesona

thesilent1.com – Banyumas merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Purwokerto merupakan ibu kota kabupaten ini. Daerahnya berbatasan dengan Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Cilacap. Banyumas memiliki wisata alam yang menakjubkan.

Kalau kamu punya rencana liburan ke Banyumas, yuk simak 10 tempat wisata di Banyumas dengan panorama memanjakan mata berikut ini!

1. Pancuran Telu

* sumber: negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Banyumas yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan adalah Air Panas Pancuran Telu. Pengunjung bisa merasakan kehangatan air panas selain tentunya berendam bebas di kolam terbuka. Lewat pancuran air di sana, air hangat akan mengalir keluar.

Terdapat sekat berupa bilik-bilik kecil di pancuran itu. Di tempat ini memang hanya ada tiga pancuran air panas karnanya disebutlah dengan sebutan pancuran telu. Pancuran Telu adalah sumber air panas yang berada dalam kompleks Baturraden.

Di sekitar area Pancuran Telu Baturraden terdapat air terjun kecil cantik dengan aliran air yang dingin. Jalan awal untuk trekking menuju Pancuran Pitu Baturraden adalah berupa undakan yang ada di sebelah kiri air terjun kecil ini. Pengunjung trekking dengan berjalan kaki melewati kawasan hutan Perhutani.

Air Panas Pancuran Telu Baturaden memiliki kandungan senyawa belerang di dalamnya dan orang-orang percaya bahwa kandungannya tersebut bisa memperhalus kulit dengan cara berendam di sana. Selain itu, air ini juga dipercaya dapat membantu penyembuhan rematik dan eksim.

Tempat wisata Banyumas ini jaraknya hanya sekitar 500 m dari pintu masuk Lokawisata Baturraden. Sementara jarak menuju Pancuran pitu kurang lebih 2,5 km.

    Alamat: Ketenger, Baturraden, Banyumas

    HTM: Rp7.500

    Jam buka: 08.00-18.00 WIB

2. Curug Jenggala Kalipagu

* sumber: www.imaniawan.id

Curug jenggala merupakan tempat wisata di Banyumas yang berupa air terjun yang terletak di Baturaden. Baru-baru ini, daerah Baturaden menjadi wisata hits di kalangan para remaja di kota Banyumas. Banyak sekali yang berfoto di tempat ini dan di posting di media sosial, seperti Instagram.

Sebelumnya Curug Jenggala disebut dengan Curug Tempuan. Nama itu diberikan karena Curug Jenggala adalah hasil pertemuan antara beberapa sungai. Sesudah mengetahui potensi yang dipunyai curug tersebut, maka penduduk desa ini setuju untuk memberi nama curug ini Curug Jenggala.

Deck kayu cantik berbentuk hati yang berada tepat di depan air terjun merupakan objek wisata yang paling populer di area curug ini. Di tempat wisata Banyumas ini, pengunjung bisa berfoto di spot deck kayu tersebut.

Tak hanya spot foto tadi, Curug Jenggala juga mempunyai daya tarik yang lain, yaitu pemandangan yang alami serta pohon-pohon yang masih rindang sehingga membuat suasana di sekitar Curug Jenggala menjadi semakin romantis. Di Curug Jenggala terdapat tiga air terjun yang berjejer melebar.

    Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas

    HTM: Rp8.000, parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp5.000

    Jam buka: 07.00-17.00 WIB

    Telepon: 0888-6665-130

3. Curug Lima

* sumber: kalwapalakaliwangi.wordpress.com

Yang menjadi keunikan curug ini adalah adalanya tiga aliran air yang terpecah bebatuan hingga menjadi lima aliran. Tempat wisata di Banyumas ini berada di hutan yang masih alami sehingga cocok sekali untuk dijadikan sebagai spot fotografi dengan latarnya yaitu Curug Lima ini.

Pengunjung yang datang ke curug ini akan menyaksikan air terjun dengan debit air yang cukup deras. Curug ini memiliki nuansa alami dengan atmosfer hijau yang menyejukkan dan menyegarkan. Tentunya pengunjung bisa bermain air yang yang jernih di sini.

    Alamat : Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah

    HTM: Rp3.000 per orang

    Jam buka : 08.00–16.00 WIB

    Telepon: 0857-4789-8560

4. Telaga Sunyi

* sumber: phinemo.com

Selain air terjun, terdapat wisata alam telaga di tempat wisata di Banyumas yang tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Telaga Sunyi. Lokasi telaga ini berada di Limpakuwus, Sumbang, Banyumas. Oh iya, tempat ini memiliki mitos, lho!

Misalnya, jika pengunjung datang berkunjung ke Telaga Sunyi, mereka dilarang berkata kotor. Konon menurut masyarakat sekitar, jika melanggar, pengunjung akan didorong jatuh sampai ke dasar sungai. Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan pasangan yang datang ke telaga ini akan berpisah.

Meskipun ada mitos tersebut, pengunjung tetap antusias mendatangi tempat wisata di Banyumas ini. Seperti namanya, Telaga Sunyi memiliki suasana yang sunyi, pemandangan asri dan sejuk, dan aliran air terjunnya pelan. ketinggian air terjun ini sedang saja.

Sementara itu bagian bawah air terjun ini cukup dalam serta dekat dengan aliran sungai dan arus airnya yang cukup deras sehingga berbahaya jika digunakan untuk berenang. Air telaga ini pun jernih, bening, dengan warna hijau kebiruan maka pas sekali untuk jadi background tempat berfoto.