10 Senjata Tradisional Jawa Barat yang Menjadi Warisan Leluhur

thesilent1.com – Jawa Barat adalah salah satu provinsi di tanah air yang cukup baik dalam melestarikan kebudayaan. Selain adat istiadatnya yang masih terjaga, beberapa peninggalan berharga seperti senjata tradisional pun masih bisa kita lihat hingga saat ini.

Selain digunakan untuk menunjang kehidupan masyarakat Jawa barat, beberapa senjata yang telah kami rangkum kali ini memiliki nilai filosofi yang menarik untuk diketahui. Nah, jenis senjata apa saja yang dimiliki oleh provinsi Jawa Barat? Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Kujang

Salah satu senjata yang cukup terkenal dari Jawa Barat adalah Kujang. Senjata ini diperkirakan telah ada sejak abad ke-8. Kujang sendiri merupakan senjata yang terbuat dari besi, baja, dan bahan pamor. Masyarakat Jawa Barat sendiri menganggap Kujang sebagai simbol keberanian dan kebenaran.

Nah, meski dikenal sebagai senjata mematikan dan dianggap memiliki unsur magis, namun pada awal keberadaannya, senjata ini merupakan bagian dari alat pertanian yang digunakan masyarakat Jawa Barat.

Hal itu berdasarkan sebuah naskah kuno Sanghyang Siksa Kanda Ng Karesina (1518 M). Bukti lain yang mendukung hal tersebut dapat kita lihat pada suku Baduy, Banten dan Pancer Pengawinan di Sukabumi, dimana masyarakat desa tersebut masih menggunakan Kujang dalam mengolah pertanian.

2. Balincong

Senjata lain yang masih bisa kita lihat masih ada hingga saat ini adalah Balincong. Senjata ini terbuat dari besi yang memiliki dua mata, dimana pada bagian ujung senjatanya berbentuk sangat tajam sementara pada ujung lainnya seperti pahat berukuran besar. Pegangannya sendiri berada ditengah-tengah. Balincong biasa digunakan untuk memecah batu yang sangat keras.

Masyarakat sendiri kerap memakai alat ini untuk menggali tanah atau membelah bebatuan. Cara menggunakan alat ini cukup sederhana, cukup dengan mengayunkannya pada tanah atau batu yang hendak dihancurkan.

3. Bajra dan Gada

Bentuk senjata ini sangat unik, dimana pada satu sisi memiliki ujung yang tajam seperti sebuah tombak dan satu sisi lainnya berbentuk tidak terlalu tajam. Karena keberadaannya yang cukup langka, pemerintah sendiri melestarikan salah satu warisan leluhur yang satu ini dengan menyimpannya di museum benda-benda bersejarah yang ada di Jawa Barat.

4. Gacok

Gacok merupakan senjata tradisional Jawa Barat berbentuk seperti garpu berukuran besar yang terbuat dari besi atau baja. Senjata ini biasanya digunakan oleh masyarakat Jawa Barat untuk menunjang pekerjaan para petani dan peternak.

Gacok sendiri berguna untuk mengumpulkan jerami atau rumput liar di lahan pertanian. Alat ini cukup mudah ditemukan di lingkungan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan yang sebagian besar penduduknya bekerja di ladang.

5. Congkrang

Senjata khas Jawa Barat selanjutnya adalah Congkrang. Congkrang merupakan alat yang biasa digunakan untuk keperluan bertani. Alat ini terbuat dari besi dengan gagang kayu. Congkrang sendiri berbentuk seperti sabit dengan bilah pisaunya yang jauh lebih panjang.

Masyarakat Jawa Barat biasa menggunakan senjata ini untuk keperluan memotong rumput atau membersihkan halaman atau semak-semak dari tanaman liar. Congkrang sendiri merupakan salah satu alat yang wajib dibawa oleh para petani ketika melakukan aktivitas di sawah

6. Bedog

Bedog atau golok adalah jenis senjata tajam yang kerap dipakai oleh masyarakat Jawa Barat. Bedog adalah senjata yang terbuat dari besi. Badan senjata berbentuk seperti sebilah pisau berukuran besar dengan gagang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan sarung.

Selain digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari, senjata ini juga kerap dijadikan alat untuk mempertahankan diri oleh para jawara maupun petarung silat di masa lampau. Nah, Bedog sendiri menjadi salah satu senjata yang cukup berbahaya dan mematikan bagi orang yang terkena sabetannya.

7. Arit

Hampir sebagian besar masyarakat tanah air memiliki senjata atau alat yang satu ini. Arit atau dikenal juga di daerah lain dengan nama Sabit, atau Celurit merupakan alat yang biasa digunakan dalam pertanian. Arit berbentuk pisau yang memiliki bentuk melengkung mirip seperti bulan sabit. Senjata ini dikenal cukup berbahaya karena memiliki bilah pisau yang sangat runcing dan tajam.

Masyarakat Jawa Barat biasa menggunakan senjata ini untuk memotong rumput atau digunakan sebagai senjata untuk mempertahankan diri dari hewan berbahaya ketika sedang berada di dalam hutan.

8. Sulimat

Senjata tradisional Jawa Barat yang satu ini dikenal langka dan sedikit sulit ditemukan. Sulimat merupakan senjata yang bagian ujungnya terbuat dari besi yang cukup runcing dan tajam dengan gagang terbuat dari kayu. Masyarakat Sunda biasa menggunakan senjata ini untuk mengoyak atau merobek kulit kelapa.

Cara penggunaan senjata ini berbeda dengan jenis senjata lain, dimana pada bagian badan kayu ditancapkan ke dalam tanah. Sementara bagian yang berbentuk runcing menghadap ke atas. Senjata ini sangat efektif untuk membantu mengupas kulit kelapa.