10 Rincian Biaya Hidup di New York, Benarkah Sangat Mahal Untuk Pekerja dan Mahasiswa

thesilent1.com – Siapa yang tidak mengenal Kota New York? Kota yang memiliki julukan “Big Apple” ini adalah salah satu kota metropolitan terpenting di dunia. New York City adalah rumah bagi kantor pusat dari berbagai perusahaan terkenal di dunia.

Selain itu, letak kota ini juga tidak jauh dari beberapa universitas ternama di dunia yang menjadi sasaran bagi para mahasiswa internasional setiap tahun. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak orang dari seluruh dunia merantau ke melting pot ini.

Dengan reputasinya sebagai salah satu kota yang memiliki peran paling penting di dunia, banyak orang menyebutkan bahwa biaya hidup di New York sangat tinggi. Nah, apakah hal ini benar?

Berikut ini adalah rincian biaya hidup di New York 2022 untuk sebulan yang bisa dijadikan referensi bagi para calon mahasiswa internasional.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus dipikirkan saat kalian akan merantau ke New York adalah tempat tinggal. Biaya untuk akomodasi akan menjadi pengeluaran terbesar setiap bulan. Harga sewa hunian berbeda-beda ya, tergantung beberapa faktor.

Bagi para mahasiswa, tinggal di asrama bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain praktis, secara finansial juga ekonomis karena akan memangkas biaya transportasi dan utilitas. Harga sewa asrama berkisar dari USD 8.000 hingga 10.000 per tahun.

Jika tinggal di asrama, kalian juga sudah akan mendapatkan perabotan dan berbagai fasilitas. Namun, resikonya kalian mungkin akan berbagi kamar dengan penghuni lainnya, dan bisa lebih dari satu orang.

Pilihan lain adalah dengan menyewa apartemen. Harga sewa apartemen berbeda-beda ya, tergantung dari letaknya, luas hunian, dan fasilitas yang diberikan. Di pusat kota, harga sewa per bulan mencapai USD 3.350, dan di pinggiran kota hanya USD 2.010.

Harga di atas adalah untuk apartemen dengan satu kamar. Sementara itu, untuk apartemen dengan tiga kamar, tentu saja harganya lebih mahal. Di pusat kota mencapai USD 6.700 dan di pinggiran kota harganya sekitar USD 3.600 per bulan.

Namun, harga sewa apartemen seringkali belum termasuk tagihan utilitas setiap bulannya lho. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, kalian bisa ajak beberapa orang teman untuk tinggal bersama

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki atau menyewa tempat tinggal, tentu saja tagihan utilitas menjadi pengeluaran yang tidak bisa dihindari setiap bulannya. Jumlah untuk tagihan utilitas bisa berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pemakaian.

Saat musim dingin, kalian akan memerlukan penghangat ruangan yang membuat tagihan listrik menjadi lebih tinggi daripada musim panas. Jadi, musim juga berpengaruh terhadap jumlah tagihan utilitas kalian ya.

Untuk apartemen seluas 85 meter persegi, tagihan utiltias berkisar dari USD 70 hingga 200 per bulan. Tentunya, ini juga tergantung dari jumlah perangkat elektronik yang kalian gunakan.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting untuk bertahan hidup adalah makan dan minum. Tentunya, biaya untuk makan dan minum juga bervariasi bagi setiap orang tergantung dari gaya hidup masing-masing.

Satu porsi makanan di restoran harganya pun bervariasi, dari USD 15 hingga USD 40. Jika kalian ingin makanan yang lebih murah, cobalah pergi ke restoran cepat saji dimana satu porsinya berkisar antara USD 8 hingga USD 10.

Buat kalian yang bisa memasak sendiri, tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri. Selain lebih murah, di kota ini banyak bahan-bahan makanan yang diimpor dari seluruh dunia, jadi tidak sulit untuk membuat masakan sendiri.

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang anak rantau, tentunya kalian akan memerlukan transportasi. Bagi para mahasiswa, menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang paling banyak digunakan.

Menggunakan kereta bawah tanah dan bus adalah salah satu cara tercepat untuk bepergian di New York. Buat yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, kalian bisa langganan kartu bulanan seharga USD 127.

Dengan hanya membayar USD 127 per bulan, kalian bisa menggunakan kereta bawah tanah dan bus sepuasnya. Sementara itu, jika kalian ingin naik taksi juga bisa lho. Tarif awal taksi adalah USD 3.40 dan USD 1.86 per kilometer selanjutnya.

Satu tips untuk menghemat uang transportasi adalah dengan mencari tempat tinggal di dekat kampus. Dengan begini, kalian bisa jalan kaki atau naik sepeda ke kampus. Oh ya, kalian juga bisa beli atau sewa sepeda, tentunya dengan harga yang berbeda-beda.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, tentunya kalian perlu membeli paket data untuk ponsel. Nah, tentu saja besarnya biaya ini tergantung dari pemakaian setiap orang dan provider yang digunakan ya.

Pilihan pertama adalah dengan sistem kontrak, dimana selama dua tahun kalian perlu membayar USD 100 untuk paket data unlimited, dan sekitar USD 25 hingga 30 untuk ponselnya. Setelah dua tahun, ponselnya akan menjadi milik kalian.

Namun, jika kalian ingin menggunakan ponsel yang sudah dimiliki, paling murah untuk paket data unlimited adalah USD 10 per bulan. Pengeluaran untuk hal ini juga bisa ditekan dengan cara memanfaatkan wifi di tempat-tempat umum.

Buat kalian yang ingin memasang wifi di apartemen juga bisa, dengan biaya tambahan sekitar USD 50 hingga 60 per bulan!

6. Belanja Bulanan

Sebagai seorang anak rantau, tentunya kalian juga perlu belanja berbagai kebutuhan pokok seperti bahan-bahan masak, bumbu-bumbu dapur, persediaan camilan, makanan instan, dan perlengkapan kebersihan.

Budget untuk belanja setiap orang bisa berbeda-beda ya, tergantung kebutuhan dan gaya hidup. Sistem belanja juga bisa mingguan atau bulanan. Setidaknya, kalian perlu menyiapkan USD 200 per bulan untuk belanja.

7. Asuransi Kesehatan

Sebagai salah satu upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, kalian memerlukan asuransi. Hal ini disebabkan karena biaya untuk layanan dan fasilitas kesehatan di Amerika Serikat sangat tinggi.

Biaya untuk asuransi kesehatan bisa berbeda-beda bagi setiap perusahaan, tergantung dari tanggungannya.

8. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari keseharian sebagai anak rantau, sebagian besar dari kalian pasti memerlukan hiburan dan rekreasi. Ada dua macam hiburan nih, yaitu di dalam dan luar rumah.

Buat hiburan di dalam rumah, kalian bisa langganan Spotify untuk mendengarkan musik di waktu senggang dengan biaya USD 10 per bulan. Buat kalian yang suka nonton film, langganan Netflix hanya memerlukan biaya sebesar USD 9 per bulan kok!

Namun, buat kalian yang tidak betah di dalam rumah, banyak juga pilihan rekreasi di luar dari yang mahal hingga gratis seperti taman dan perpustakaan. Beberapa tempat wisata pun ada yang menggratiskan tiket masuk pada hari dan jam tertentu lho!

9. Pakaian

Amerika Serikat memiliki empat musim yang berbeda, dan sebagian dari kalian mungkin akan memerlukan pakaian untuk menghadapi pergantian musim. Jumlah pengeluaran untuk hal ini berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung gaya hidup.

Satu tips untuk menghemat budget buat shopping adalah dengan membeli pakaian saat sale!

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal uang yang diperlukan untuk biaya hidup di New York selama satu bulan adalah USD 3.997 atau setara dengan Rp. 59.127.621 jika 1 USD sama dengan Rp. 14.793.

Namun, perlu diketahui bahwa angka di atas tidak bersifat mutlak, karena tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan dari setiap orang. Selain itu, lokasi tempat tinggal juga memengaruhi ya.