10 Restoran Timur Tengah untuk Buka Puasa di Jabodetabek

thesilent1.com – Ada berbagai macam menu yang bisa kamu nikmati untuk buka puasa. Apalagi bila kamu senang mencoba rasa baru. Kalau kamu menyukai makanan yang medok di lidah, selalu teringat akan pengalaman makan yang menyenangkan, serta bumbu kuat, bisa mencoba restoran Timur Tengah.

Kamu tak perlu mengunjungi negara-negara di Timur Tengah untuk berbuka puasa dengan menu khasnya. Cukup berada di Jabodetabek, kamu bisa mengalami pengalaman makanan khas Timur Tengah untuk berbuka puasa yang sanggup menggoyang lidah.

1. Turkuaz

    Alamat: Jalan Gunawarman Nomor 32, Jakarta Selatan

    Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.30 WIB

    Telepon: 021-72795846

    Harga: mulai dari Rp30.000

Restoran Timur Tengah pertama yang bisa kamu cicipi untuk buka puasa adalah Turkuaz. Turkuaz adalah restoran otentik yang menyediakan menu dari Turki. Mungkin selama ini kamu baru mencoba Kebab tetapi makanan dari negara ini cukup beragam.

Di Turkuaz kamu bisa mencoba berbagai menu untuk buka puasa yang beragam. Roti dengan rasa manis berlapis berisi kacang ini bisa membuat kamu jatuh cinta pada rasanya. Baklava bisa kamu pilih untuk alternatif menu membatalkan puasa.

Bila tak menyukai rasa manis, bisa mencoba versi gurih dengan memesan Mezze Platter. Kamu bisa menikmati roti khas Turki dengan berbagai pilihan kondimen dan humus. Menikmati makanan di sini dengan interior desain yang khas Turki memang menyenangkan untuk dicoba.

Untuk makanan utama, Adana Kofte bisa kamu jadikan pilihan. Kofte adalah daging giling yang dipanggang atau dibakar dengan oven kayu yang disantap dengan nasi yang dibalut kismis dan kacang. Kamu tak akan menemukan kofte yang otentik seperti ini selain di Turkuaz. Apalagi disantap saat berbuka puasa.

Selain Kofte, kmu bisa mencoba Manti di Turkuaz untuk pilihan menu berat berbuka puasa. Manti adalah dumpling kecil yang diisi dengan daging domba cincang dengan saus yogurt, butter, dan cabai kering. Kamu harus merasakan sendiri kenikmatan menu satu ini.

Jangan khawatir, Turkuaz menyediakan area sholat di area belakang. Kamu pun akan menikmati suasana selayaknya Turki tetapi tetap di Jakarta. Menarik, bukan?

2. Abunawas

    Alamat: Jalan Matraman Raya Nomor 15, Jakarta Timur

    Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-23.00 WIB

    Telepon: 021-859-83914

    Harga: mulai dari Rp30.000

Membicarakan restoran Timur Tengah memang tak boleh melupakan Abunawas. Memasuki restorannya saja, suasana khas Timur Tengah sangat amat terasa. Wanginya, desain restoran, bahkan cara makannya pun dibuat semirip mungkin dengan suasana di sana.

Saat berbuka puasa tiba, kamu bisa mencoba Muhallabyah. Walaupun menu ini adalah menu dessert, tak ada salahnya bila kamu mencicipi untuk berbuka puasa. Muhallabyah adalah air mawar yang dibuat menjadi pudding dengan kacang pistachio untuk membuat tekstur menarik. Rasanya? Eksotis dan unik.

Kalau ingin berbuka puasa bukan dengan yang manis, coba Baba Ghanouj. Kamu akan menikmati rasa terong yang dicampir dengan lemon jus, tomat dan muncul rasa mint di lidah. Nyaman!

Masuk ke makanan utama setelah buka puasa, kamu bisa memilih menu nasi di Abunawas. Ada tiga menu nasi yang tak bisa kamu lewatkan. Ada Mandi, yaitu nasi yang dimasak dengan kaldu daging domba dengan teknik spesial sehingga bisa memunculkan rasa asap saat menikmatinya.

Atau ingin rasa nasi yang lebih semarak di lidah seakan berpesta dan mendapatkan kejutan dari kacang pistachio di dalamnya, bisa memilih Zurbiyan. Nasi Briyani juga ada untuk kamu yang sedang ingin menikmati nasi dengan aromatik tak hanya di lidah tetapi juga di rongga mulut.

Menu buka puasamu di Abunawas pun serasa berpesta di lidah dengan baik. Setelah menikmati makanan yang luar biasa, jangan lupa untuk ibadah. Abunawas menyediakan tempat bagi kamu yang ingin beribadah sholat maghrib setelah berbuka puasa. Kamu cukup bertanya kepada petugas, mereka pun akan senang hati mengarahkan.

3. Hadramout

    Alamat: Jalan Tambak Nomor 16A, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat

    Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00-23.00 WIB

    Telepon: 0858-95777777

    Harga: mulai dari Rp20.000

Selain Abunawas, ada pula restoran Timur Tengah yang bisa kamu datangi untuk buka puasa. Namanya adalah Hadramout. Restoran Hadramout berfokus pada menu khas negara Arab. Menu-menunya pun khas negara Arab.

Sebagai pembuka, kamu bisa mencoba Lentil Soup untuk menghangatkan perut. Sup yang terbuat dari kacang ini ternyata juga panganan favorit untuk berbuka puasa di negara asalnya, lho. Jadi tak salah bila kamu memilih Sup Lentil sebagai pilihan.

Sedangkan makanan utama, kamu bisa mencoba ayam khas Yaman atau bernama Madhbi yang dipasangkan dengan Nasi Mandhi. Rasa khas makanan Arab pun maksimal menari di lidah. Ingin yang spesial dari Hadramout? Kamu bisa memilih Lamb Kabsa Adani atau Hadramout Saltah.

Hadramout menyediakan area sholat dan juga perlengkapan sholat untuk kamu sholat maghrib setelah membatalkan puasa. Namun, membawa perlengkapan sholat sendiri juga tak masalah. Selain lebih nyaman, juga bisa mengikis waktu kamu menunggu bergantian dengan pengunjung lain.

4. Ajwad Resto

    Alamat: Jalan Raya Condet Nomor 50, Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur

    Jam Operasional: Setiap hari pukul 13.00-21.00 WIB

    Telepon: 0811-13301010

    Harga: mulai dari Rp30.000

Ada banyak restoran Arab yang bisa kamu pilih. Tapi kalau kamu memang mencari restoran Arab dengan rasa otentik, coba restoran yang berada di kawasan Condet ini. Namanya adalah Ajwad Resto. Kawasan Condet memang cukup terkenal dengan keberadaan komunitas orang Arab. Jadi, sudah terbayang rasanya pasti otentik, bukan?

Sebagai pembuka, kamu perlu mencoba Bathal. Bathal adalah minuman kombinasi susu, madu, teh, jahe dan jintan hitam. Rasa aromatik langsung terkuak saat kamu menghidunya. Nikmat sekali memilih minuman ini sebagai pembuka berbuka. Setelah itu,kamu bisa mencoba makanan ringan seperti Syawarma, Fatayir, atau Sambosa.