10 Menu Paling Enak Dari Bornga yang Wajib Banget Dicoba

thesilent1.com – Ada banyak alasan mengapa orang menyukai masakan Korea, mulai dari karena masakan Korea sebagian besar dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang segar sehingga menyehatkan, ada juga yang suka masakan Korea karena terjangkit virus Kpop yang sukar ditangkis. Salah satu imbas dari kepopuleran Kpop adalah semakin dikenalnya masakan Korea oleh masyarakat global dunia.

Penasaran ‘kan bagaimana sih rasa kimchi atau rasa tteokbokki yang kabarnya street food paling populaer disana. Beruntung, indonesia punya resto Korea yang menyajikan masakan khas negara tersebut. Bornga adalah salah satunya. Resto Korea yang menyajikan beragam masakan tradisional dan modern Korea ini hadir di Indonesia. Inilah menu paling enak dari resto Bornga yang mesti kamu coba.

1. Kimchi Jjigae

Kelezatan makanan Korea sudah tidak bisa lagi diragukan. Namun, jika kamu bertanya menu apa yang tidak pernah membosankan untuk disantap berkali-kali, Kimchi Jjigae-lah jawabannya. Hidangan ini terbuat dari kimchi kubis yang dimasak dengan potongan daging babi atau sapi, tahu dan rempah.

Potongan kimchi yang berbumbu menjadi lebih lezat ketika direbus. Bumbunya terasa lebih kuat dan pastinya akan memuaskan rasa laparmu. Semangkuk Kimchi Jjigae yang lezat ini dihargai sekitar Rp79.000.

2. Kimchi

Menu berikutnya yang direkomendasikan sebagai menu paling enak dari Bornga adalah kimchi. Sebenarnya, menu ini dihidangkan secara gratis. Pasalnya kimchi adalah bagian dari bangchan (side dish) wajib pelengkap masakan Korea.

Orang Korea pasti makan dengan kimchi. Masakan apapun itu, kimchi selalu ada mendampingi sajian masakannya. Di Bornga menu ini jadi istimewa pasca disebut oleh salah satu member Super Junior Shindong.

Member bertubuh gempal tersebut berkata bahwa kimchi dari salah satu resto Bornga yang ada di Indonesia lebih enak dari yang pernah ia makan di Korea. Sontak ini membuat para pencinta kuliner Korea menyerbu restoran tersebut dan mencicipi kimchi-nya.

Kalau kamu berkesempatan menjajal masakan Korea di Bornga, jangan ketinggalan kimchi-nya, ya. Hidangan fermentasi ini kabarnya punya banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh.

3. Yangnyeom Galbi

Tidak akan ada yang akan merasa sia-sia duduk berlama-lama menikmati suasana resto yang nyaman di Bornga dengan menyantap daging sapi berbumbu ala Korea. Salah satu menu paling enak untuk disantap dalam momen ini adalah Yangnyeom Galbi.

Yangnyeom Galbi adalah daging sapi bagian iga berbumbu yang dimasak dengan cara dipanggang. Daging sapi bertekstur lembut ini dimarinasi dengan bumbu yang gurih dan lezat. Ketika dipanggang, aroma daging sapi dengan bumbunya begitu menggoda. Langsung bikin lapar.

Ajak teman-teman dan keluarga untuk berpesta Yangnyeom Galbi di Bornga. Menu ini dibanderol sekitar Rp218.000. Menu galbi ini ada dua versi, yakni galbi yang berbumbu atau Yangnyeom Galbi dan yang tidak berbumbu.

4. Sundubu Jjigae

Dalam Bahasa Indonesia, menu ini berarti sup tahu. Menu ini merupakan masakan Korea yang kaya akan rasa. Pembuatan menu ini menggunakan bumbu dan rempah yang cukup banyak. Komposisi utamanya adalah tahu sutra yang lembut dan beberapa potongan seafood.

Sebutir telur ditambahkan untuk melengkapi komposisi sup ini. Kalau kamu alergi seafood, kamu bisa mengganti bahan tersebut dengan daging babi atau daging ayam. Menu menghangatkan tubuh ini tersedia dalam dua versi, yaitu sup pedas dan sup dengan bumbu yang lebih ringan.

Untuk menu yang kedua, komposisi bahannya sama. Hanya saja tidak ditambahkan dengan bumbu pekat seperti pada menu pertama. Keduanya diberi dengan harga yang sama, yaitu sekitar Rp79.000.

5. Bibim Naengmyeon

Salah satu menu yang bisa meredakan gerah di musim panas adalah Bibim Naengmyeon. Berbeda dengan naengmyeong yang biasanya, menu ini dibuat dengan menambahkan bumbu yang lebih kental dan pedas sehingga menu ini dianggap sebagai mie dingin Korea yang pedas.

Meskipun tidak begitu pedas, tapi jika dibandingkan dengan naengmyeon biasanya, Bibim Naengmyeon lebih kaya akan bumbu. Menu ini kebanyakan disantap kala musim panas tiba karena dihidangkan dalam keadaan dingin. Seringkali mie ditambahkan dengan serutan es batu dan kuah kaldu yang gurih.

Menu bercita rasa manis, pedas yang tajam ini harganya sekitar Rp79.000 ini disajikan dengan potongan kimchi, dan potongan buah pir yang renyah, manis dan segar.

6. Haemul Pajeon

Tidak hanya ada di Indonesia, Korea pun punya menu bakwan yang disebut dengan pajeon. Pajeon adalah camilan khas Korea yang biasa disantap sebagai teman minum teh di sore hari atau malam hari. Umumnya pajeon dibuat dari tepung terigu, tepung beras, telur, maizena dan daun bawang.

Tambahan daun bawang pada hidangan ini adalah ciri khas dari pajeon. Pajeon sering dikombinasikan dengan berbagai isian, misalnya saja seafood. Dengan adanya seafood maka pajeon ini disebut dengan Haemul Pajeon.

Di Bornga, kamu bisa mencicipi kelezatan Haemul Pajeon sebagai santapan nongkrong di resto korea terbaik ini. Di resto ini Haemul Pajeon dihargai sekitar Rp108.000.

7. Chadol Doenjang Jjigae

Chadol adalah bentuk singkat dari chadolbaegi yang berarti daging sapi sandung lamur. Daging sapi ini merupakan bagian yang keras dan rendah lemak dan merupakan daging second premium cut. Di Indonesia, daging sandung lamur biasanya dibuat sebagai gepuk.