10 Gambar Pantai Manggar Segarasari Kota Balikpapan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Hotel di Sekitar + Jam Buka Tutup

thesilent1.com

Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 76116Peta/Maps Online: Klik DisiniHarga Tiket Masuk (HTM): Rp3.000 (dewasa), Rp2.000 (anak-anak)Jam Buka-Tutup: 24 jam

Lokasi

Pantai Manggar Segarasari termasuk dalam daerah administrasi di dua wilayah yaitu Kelurahan Manggar serta Teritip. Letak lokasi ini tidak begitu jauh dari pusat kegiatan masyarakat, yaitu sekitar 22 km dari pusat pemerintahan kota Balikpapan.

Rute Perjalanan

Bila rekan-rekan datang dari luar wilayah Kalimantan dan mendarat di Bandara Sepinggan, sobat tidak perlu ragu untuk mengarahkan kaki menuju Manggar Segarasari. Letaknya hanya sekitar 9 km dari bandara dan dapat dicapai dengan beragam transportasi.

Transportasi umum yang biasa digunakan untuk menuju Manggar Segarasari adalah angkutan nomor 7. Sementara itu, kalian juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di persewaan sekitar kawasan Balikpapan.

Daya Tarik

Pantai Manggar Segarasari dengan luas sekitar 13 km ini memiliki air laut jernih. Gelombang laut pun tidak begitu besar, sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati waktu bermain mereka di daerah bibir pantai.

Sobat traveler bisa mencoba untuk bermain olahraga pantai seperti voli, sepakbola, berlayar, ataupun sekedar bermain bersama anak-anak untuk membuat bangunan serta karya dari pasir laut.

Wisatawan yang ingin menikmati kegiatan pantai seperti bermain voli pantai atau sepak bola, tidak perlu membawa banyak barang bawaan. Di sekitar pantai sudah tersedia tempat persewaan barang-barang yang kalian perlukan untuk bermain.

Terdapat bola serta jarring/net yang bisa kalian sewa untuk bermain. Selain itu, pengunjung juga bisa berjalan mengelilingi sekitar pantai sambil menikmati pemandangan indah yang dimiliki oleh Pulau Kalimantan ini.

Sesekali kalian akan melihat beberapa nelayan dengan perahu mereka. Bila beruntung, rekan-rekan juga bisa loh ikut naik bersama dengan mereka dan menyewa perahu untuk berlayar agak ke tengah laut.

Pantai Manggar Segarasari memiliki pasir putih dan mulai dibuka untuk pengunjung dari pukul 06.00 hingga 18.00 WITA. Ketika datang ke Manggar Segarasari, mungkin beberapa dari sobat traveler akan melihat kemiripan dengan pantai Lamaru.

Keduanya memang memili pasir putih dengan beberapa tumbuhan Pinus yang ada di sekitar garis pantai. Namun, bila untuk menuju ke Lamaru dibutuhkan usaha keras berhubungan dengan akses jalan yang kurang baik, jalanan menuju Manggar Segarasari sudah teraspal.

Pantai inipun termasuk wilayah wisata yang dikelola dengan sangat baik oleh Pemerintah Daerah Balikpapan. Dari segi fasilitas wisata serta kebersihan lingkungannya sangat terjaga. Rekan-rekan akan menemukan area parkir luas serta sarana fasilitas yang cukup lengkap.

Berbicara tentang wahana permainan kawan, di Manggar Segarasari kalian bisa menyewa beragam jenis watersport. Sebut saja contohnya adalah banana boat ataupun jet ski. Di sekitar pantai juga sudah terdapat lokasi persewaan pelampung untuk pengunjung.

Untuk bisa memasuki area wisata di Pantai Manggar Segara Sari, wisatawan diminta untuk membayar tiket per pengunjung beserta dengan kendaraan yang dibawa, yaitu untuk tiket parkir. Sekalipun demikian kawan, rupanya tarif tiket tidak begitu mahal kok.

Pengunjung usia dewasa hanya diminta untuk membayar tiket seharga Rp3.000, sementara itu untuk anak-anak biayanya adalah Rp2.000. kendaraan roda dua diminta membayar biaya parkir sebesar Rp5.000, Rp10.000 untuk mobil sementara Rp25.000 untuk kendaraan roda enam.

Rekan-rekan yang ingin menikmati keindahan pantai juga bisa bersantai dengan memanfaatkan fasilitas gazebo. Namun, untuk bisa menikmati gazebo atau panggung yang cukup luas ini memang diberikan biaya persewaan sebesar Rp400.000 per harinya.

Gazebo dengan harga sewa ini sepertinya akan lebih cocok bila digunakan ketika rekan-rekan datang bersama dengan rombongan dan berniat untuk menghabiskan banyak waktu liburan kalian di pantai dengan berbagai aktivitas lain.

Namun, bila kalian hanya datang bersama beberapa orang dan ingin menikmati suasana pantai sambil bersantai, rekan-rekan bisa duduk di bawah rimbunnya pepohonan sambil membuka tikar ataupun paying yang dibawa dari rumah.

Fasilitas

Karena terletak di area tengah-tengah antara ketiga daerah besar di Kalimantan Timur, yaitu Kukar, Samarinda, serta Balikpapan, tentu Pantai Manggar Segarasari ini sangat dipadati pengunjung ketika hari libur ataupun weekend.

Banyaknya pengunjung ini juga dipengaruhi oleh akses jalan menuju Segara Sari yang sudah baik sehingga memudahkan wisatawan mencapainya. Fasilitas pendukung liburan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan pun sangat mencukupi.

Di tempat ini terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan, baik menu seafood ataupun juga menu khas Balikpapan. Terdapat juga pusat oleh-oleh di mana wisatawan yang berasal dari luar daerah Balikpapan bisa menikmati serta membawa pulang souvenir khas Segara Sari.

Sudah terdapat juga area peminjaman fasilitas permainan air seperti banana boat, jet ski, kapal karet, serta pelampung. Area parkir yang diberikanpun luas sehingga pengunjung tidak perlu takut berdesakan sekalipun sedang masa liburan.

Pemerintah juga menyediakan area children play ground, suatu fasilitas yang memang dibangun untuk lokasi bermain anak-anak. Rekan-rekan yang datang dengan membawa anak-anak tetap akan bisa menikmati liburan sambil menjaga anak-anak.

Satu fasilitas lagi yang patut dijadikan referensi ketika berkunjung adalah adanya tenda-tenda di sekitar pantai yang dibuat oleh pemerintah. Tenda ini dibangun dengan menghadap ke arah laut.

Setiap pengunjung bisa bebas menikmati pemandangan laut melalui tenda ini sambil bersantai dan tidak perlu khawatir dengan teriknya matahari. Sobat juga bisa sekaligus menikmati pemandangan alam dan mengambil beberapa gambar ataupun foto, video dari sini.