10 Cara Membuat Wajah Bebas Jerawat

thesilent1.comAcne vulgaris (AC) atau jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula.

Ketika muncul di wajah, jerawat ini bisa jadi sangat menyebalkan.

Ini karena jerawat di wajah bukan hanya bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi juga menganggu penampilan atau rasa percaya diri.

Pada penanganan yang salah, jerawat bahkan bisa membuat wajah menjadi kusam dan memicu timbulnya bopeng-bopeng bekas jerawat .

Karena jerawat biasanya dipicu oleh hormon androgen dan dalam beberapa kasus disebabkan faktor genetik, tidak ada cara yang pasti untuk dapat mencegah muncul.

Namun, ada banyak metode yang tersedia untuk mengurangi tingkat keparahannya dan menjaganya tetap terkendali.

Berikut ini beberapa cara membuat wajah bebas jerawat yang baik dilakukan:

1. Cuci muka dengan benar

Melansir Health Line, untuk membantu mencegah jerawat muncul, penting bagi siapa saja dapat menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan keringat di wajah setiap hari.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jerawat bukan hanya bisa timbul akibat malas membersihkan wajah. Di sisi lain, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa menjadi penyebab jerawat.

Alasannya, cuci muka yang terlalu sering akan membilas minyak alami yang ada di wajah secara berlebihan.

Minyak wajah yang terbilas habis ini akan membuat kulit menjadi kering. Alhasil, kulit pun akan rentan iritasi dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Selain itu, jangan mencuci muka dengan bahan pembersih keras yang membuat kulit kering. Sebaiknya gunakan pembersih bebas alkohol.

Cara mencuci mula yang benar sebagai cara membuat wajah bebas jerawat , yakni sebagai berikut:

  • Basahi wajah dengan air hangat, bukan air panas
  • Oleskan bahan pembersih ringan dengan gerakan memutar yang lembut menggunakan jari-jari, bukan kain lap
  • Bilas sampai bersih, dan keringkan

2. Ketahui jenis kulit

Siapapun bisa terkena jerawat, apapun jenis kulitnya.

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang paling rentan berjerawat.

Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebasea kulit yang memproduksi terlalu banyak sebum berminyak.

Jenis kulit lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah kulit kombinasi.

Kulit kombinasi berarti Anda memiliki area kering dan area berminyak.

Area berminyak cenderung terjadi pada dahi, hidung, dan dagu atau bisa juga disebut zona-T.

Mengetahui jenis kulit Anda penting untuk membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Misalnya, jika kulit Anda berminyak, pilih produk non-comedogenic yang diformulasikan tidak menyumbat pori-pori.

3. Melembabkan kulit

Pelembab dapat membantu kulit tetap terhidrasi.

Tapi banyak pelembap yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan lain yang bisa mengiritasi kulit dan menimbulkan jerawat.

Untuk membantu mencegah jerawat, gunakan pelembab non-comedogenic bebas pewangi setelah Anda mencuci muka atau saat kulit terasa kering.

4. Tetap terhidrasi

Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda mungkin memberi sinyal pada kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Dehidrasi juga membuat kulit Anda tampak kusam dan memicu peradangan dan kemerahan.

Untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, minumlah setidaknya delapan gelas air putih setiap hari.

Anda kemudian dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak setelah berolahraga, jika sedang hamil, menyusui, atau menghabiskan waktu di lingkungan yang panas dan lembab.

5. Batasi penggunaan makeup

Sangat menggoda untuk menggunakan makeup untuk mempercantik wajah. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, hal itu dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

Pilihan terbaiknya adalah Anda perlu membatasi penggunaan makeup sebagai cara membuat wajah bebas jerawat.

Akan lebih baik lagi jika saat memakai makeup, Anda menhindari penggunaan produk yang berminyak atau lebih memilih produk yang non-comedogenic, alami, dan bebas pewangi.

6. Jangan menyentuh wajah terlalu sering

Tangan Anda sangat mungkin terpapar kotoran dan bakteri selama melakukan aktivitas sepanjang hari.

Sementara, setiap kali Anda menyentuh wajah, beberapa kotoran yang menyumbat pori-pori dapat berpindah ke area kulit wajah.

Jadi, sebaiknya Anda bisa mengontrol diri untuk bisa membatasi menyentuh area wajah.

Mencuci tangan secara teratur juga baik dilakukan untuk mencegah transfer kotoran dan bakteri dari tangan ke kulit wajah sebagai penyebab jerawat.

7. Batasi paparan sinar matahari

Mendapat beberapa sinar matahari dapat mengeringkan jerawat dalam jangka pendek, tetapi di sisi lain sayangnya bisa menyebabkan masalah besar dalam jangka panjang.

Sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit dehidrasi, yang seiring waktu bisa menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori.

Jadi, penting untuk memakai tabir surya atau sun block untuk membantu mencegah berbagai permasalahan kulit termasuk kanker kulit.

Namun, banyak tabir surya yang berminyak. Untuk perlindungan matahari dan jerawat, kenakan tabir surya non-comedogenic dan bebas minyak.

8. Hindari makanan tertentu

Jika ibu Anda pernah memberi tahu Anda bahwa makanan cepat saji bisa menyebabkan jerawat, dia sedang melakukan sesuatu yang benar.

Pasalnya, makanan cepat saji seperti burgen dan kentang goreng mengandung karbohidrat olahan atau memiliki indeks glikemik tinggi.

Menurut sebuah kajian studi yang diterbitkan Journal of the American Academy of Dermatology (JAADD) pada 2010, makan makanan tinggi glisemik dapat menyebabkan jerawat.

Makanan dan minuman glisemik tinggi seperti keripik, roti putih, dan minuman ringan dapat meningkatkan kadar gula darah dan sering kali kurang bergizi dibandingkan makanan rendah glisemik.

Studi tersebut juga menemukan bahwa mengonsumsi produk olahan susu dapat memicu munculnya jerawat.

9. Mengurangi stres

Menurut American Academy of Dermatology, penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Anda stres, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak hormon perangsang minyak. Hal ini pun dianggap bisa menjadi penyebab jerawat.

Beberapa pilihan untuk membantu Anda mengelola stres, yakni:

  • Yoga
  • Meditasi
  • Pijat
  • Aromaterapi

10. Jangan merokok

Efek negatif dari merkok bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Banyak orang mungkin telah memahami bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit berbaya seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Tapi, merokok nyatanya juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk memicu timbulnya jerawat.

Merangkum WebMD, hal itu bisa terjadi dikarenakan zat yang terkandung dalam rokok dapat merusak sistem kerja kulit. Jadi, ;ebih baik hindari rokok sebagai bagian dari cara membuat wajah bebas jerawat.