10 Air Terjun di Blitar yang Tersembunyi dan Penuh Pesona

thesilent1.com – Blitar merupakan kota yang terkenal sebagai kota kelahiran dari proklamator RI yaitu Soekarno. Tetapi selain sebagai kota kelahiran sang proklamator, Blitar juga menyimpan keindahan alam yang menarik dan eksotis. Satu diantaranya adalah keindahan dari air terjunnya yang masih tersembunyi dan alami. Berikut ini adalah ulasan beberapa air terjun di Blitar yang layak kamu kunjungi.

1. Air Terjun Tirto Galuh

* sumber: admin.travelingyuk.com

Air Terjun Tirto Galuh merupakan air terjun yang cukup populer, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Bebatuan yang ada pada air terjun ini memiliki kontur yang bergelombang dan membentuk palung-palung. Palung-palung ini memecah air terjun menjadi beberapa bagian yang cukup banyak.

Palung-palung yang terdapat di bebatuan tersebut banyak diisi air sehingga membentuk kolam-kolam kecil. Kamu bisa berenang di kolamnya dan merasakan kesejukan dari air terjunnya. Tetapi kamu tetap harus hati-hati pada palung-palung itu terdapat arus yang cukup kuat yang bisa menenggelamkan.

Suasana di air terjun ini masih asri dan menyegarkan, selain itu udaranya juga masih bersih. Akses menuju ke tempat ini cukup mudah, hanya saja tidak ada akses langsung dengan kendaraan menuju tempat air terjunnya, sehingga kamu tetap harus berjalan kami untuk sampai ke sana.

    Alamat : Ds. Sidomulyo, Kec. Bakung utara, Kab. Blitar, Prov Jawa Timur

    Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

    HTM : Gratis

    Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

2. Air terjun Grenjeng

* sumber: amazingindonesia.id

Air terjun yang satu ini letaknya cukup tersembunyi, sehingga tidak mudah untuk menemukannya. Akses menuju tempat ini juga terbilang kurang bagus, sehingga kamu harus berhati-hati. Air Terjun Grejeg memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan kolam terdapat di bawah air terjunnya.

Kolam di bawah air terjun ini memiliki ke dalaman sekitar 2 meter, dengan air yang jernih dan memiliki warna kehijauan. Kamu tidak disarankan untuk mengunjungi air terjun ini disaat musim hujan, dikhawatirkan terdapat banjir yang besar. Tempat ini kini ramai sekali dikunjungi oleh wistawan.

    Alamat : Ds. Balarejo, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar, Prov Jawa Timur

    Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

    HTM : Rp5.000

3. Air Terjun Sirah Kencong

Wisata Air Terjun Sirah Kencong ini berada di kawasan perkebunan Teh Sirah Kencong. Tinggi dari air terjunnya sendiri sekitar 10 meter, dengan suhu air yang sangat dingin. Perjalanan menuju air terjunnya telah banyak diberi petunjuk arah sehingga tak perlu khawatir kamu tersesat.

Air terjun ini memliki hawa yang masih sejuk dan juga asri dengan rimbunnya tanaman hijau disekitar air terjun. Air Terjun Sirah Kencong memiliki air yang jernih, hal itu dikarenakan airnya bersumber dari sebuah mata air di pegunungan. Sekalipun di musim kemarau kamu tetap dapat melihat air mengalir.

Kamu dapat berenang dan berendam di kolam yang terdapat di bawah air terjunnya. Tempatnya cocok untuk melepas penat dengan harga yang murah meriah. Perjalanan menuju air terjun ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki, jaraknya sekitar 300 meter dari tempat parkir.

    Alamat : Ds. Ngadirejo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar, Prov Jawa Timur

    Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

    HTM : Rp5.000

    Parkir : Motor Rp3.000, Mobil Rp5.000

4. Air Terjun Njumeg

Air Terjun Njumeg merupakan air tejun yang tergolong tidak tinggi, tetapi yang menarik adalah kolam di bawah air terjunnya yang berwarna kehijauan, jika tidak sedang hujan. Kolamnya ini memiliki kedalaman sekitar 20 meter, sehingga air terjun ini sering digunakan aksi terjun bebas dari atasnya.

Buat kamu yang tidak dapat loncat dari atas air terjunnya, kamu dapat berendam atau berenang-renang di perairannya yang dangkal. Selain itu kamu dapat menikmati air terjunnya yang dikelilingi alam yang masih hijau, dapat menyegarkan pikiran. Kamu harus hati-hati terkadang batunya licin.

    Alamat : Dusun Ringinsari, Ds. Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Prov Jawa Timur

    Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB

    HTM : Gratis

5. Air Terjun Jurug Bening

Air terjun Jurug Bening merupakan air terjun yang tidak biasa, hal itu karena tempatnya berada disekitar persawahan yang berada di atasnya. Jalan menuju area air ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki melewati area persawahan dan juga menuruni bukit yang cukup terjal, sempit dan licin.

Jalan yang cukup sulit ini akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari air tejun yang memiliki tebing berwarna hitam yang memecah air terjunnya. Alam disekitarnya pun masih terjaga kealamiannya, sehingga pengunjung dapat merasakan kesejukan dan keasrian dari air terjunnya.

    Alamat : Dusun Sumberdadi, Ds. Purworejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Prov Jawa Timur

    Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB

    HTM : Rp5.000

6. Air Terjun Lawean Kawisari

Air Terjun Lawean merupakan air terjun yang belum begitu dikenal banyak orang. Tempat harus dijangkau dengan menelusuri hutan, sehingga tempatnya masih benar-benar alami dengan minim sentuhan tangan manusia. Air terjun ini masuk dalam kawasan Perkebunan Kopi Kawisari.